Koperasi Mondragon, Eksperimen Partisipasi Kelas Pekerja

Sepertinya industri Inggris selalu berjalan menuju kehancuran. Dilatar-belakangi oleh perselisihan abadi antara manajemen dan buruh, baja dan batubara, transportasi dan mobil, semua dalam krisis. Industri swasa atau milik negara sama saja. Bahkan layanan seperti rumah sakit, sanitasi dan sekolah tidak lagi bebas dari pemogokan. Buruh menyalahkan manajemen, manajemen menyalahan buruh, pekerja menyalahkan pekerja. Konfrontasi setiap hari dengan hukum yang coba memegang kendali. Seiring produksi berhenti dan macet, industri Inggris terus menurun di dunia yang kompetititf.  

Itulah mengapa yang awalnya hanya ketertarikan, berubah menjadi eksperimen lengkap terkait partisipasi pekerja yang terjadi di Spanyol. Mondragon terletak di wilayah Basque, utara Spanyol. Sebuah kota kecil di persimpangan dua bukit curam yang sangat sulit diraih karena jalanan yang buruk dan tidak ada jalur kereta api. Namun dalam 20 tahun terakhir, kota ini telah berkembang dari sebuah desa menjadi salah satu pusat industri terpenting di Spanyol. Di sepanjang jalan yang menuju ke luar kota, terdapat sejumlah pabrik, dimiliki oleh kelompok koperasi yang unik dalam sejarah.  

Koperasi tersebut adalah koperasi industri, sangat berbeda dengan koperasi konsumsi di Inggris yang menjual susu dan barang keperluan sehari-hari. Tipikal pekerja koperasi di Mondragon, bekerja di Bengkel penempaan atau pengecoran, di jalur produksi atau di bengkel mesin. Selain menerima gaji yang layak, setiap pekerja juga memiliki bagian dalam modal perusahaannya seperti dalam alat-alat produksi. Mereka dapat memilih direksi perusahaan bahkan dia bisa menjadi direktur, menentukan kebijakan, investasi dan distribusi keuntungan yang diperoleh perusahaan.  

Ada beberapa koperasi industri di Inggris namun masih skala kecil dan padat karya. Di Mondragon, koperasi bersifat padat modal bahkan beberapa sangat besar. Contohnya adalah koperasi yang bernama Ulgor dengan 340.000 pekerja. Ulgor menjadi pabrikan perlengkapan rumah tangga terbesar di Spanyol. Ulgor membuat 300.000 lemari es setiap tahun. Mereka memasok seperempat dari permintaan lemari es di Spanyol dan mereka juga mengekspor 25% dari produksinya. Fagor adalah salah satu dari enam pabrik milik Ulgor. Di sini mereka membuat 100.000 mesin cuci dalam setahun. Mereka juga membuat 225.000 kompor gas atau listrik, juga mesin pengering dan pemanas air.  

Koperasi lain di Grup Mondragon adalah pembuat peralatan mesin terkemuka seperti alat tempa. Secara keseluruhan, 82 koperasi ini membuat bebagai macam barang, mulai dari instalasi pertanian hingga plastik. Dari eskavator sampai seni grafis. Dari konstruksi baja hingga replika barang antik. 82 koperasi industri tersebut didukung oleh jenis koperasi lainnya, yang memberikan jasa untuk memastikan keberhasilan mereka seperti antara lain suatu Bank koperasi yang menyediakan modal pengembangan, sebuah laboratorium riset yang membantu koperasi terus mengikuti perkembangan tekhnologi, juga jasa asuransi yang memberikan manfaat kesejahteraan dan perawatan kesehatan bagi anggotanya. Semua ini diraih dalam waktu 25 tahun. Proses terjadinya adalah salah satu yang menakjubkan dan menginspirasI.  

Koperasi Mondragon semuanya berada di wilayah Basque, Spanyol. Dua juta penduduk Basque merasa mereka adalah bangsa yang terpisah kendati ada keterkaitan sejarah dengan kerajaan Spanyol yang berpusat di Madrid. Bahasa mereka sangat berbeda dengan Bahasa Spanyol. Wilayah mereka terbentang di gunung Pirenes dan hampir seluruh daerahnya berpegunungan hingga ke teluk Biskae. Merupakan tanah yang terdiri dari tanah pertanian keluarga dan dusun kecil yang terisolasi. Sungguh daerah yang sulit. Penduduk Basque harus berjuang untuk hidup dengan kondisi tanah yang sulit, basah terkena hujan deras yang dibawa dari samudera Atlantik. Beberapa permukaan dapat ditanami tanaman iklim sedang, tetapi daerah lain hanya bisa untuk menggembalakan domba.  

Seiring populasi bertambah di abad ke 19, banyak penduduk Baque yang berimigrasi. Yang lainnya membangun industri logam dengan tambang besi lokal dan batu bara import. Karena keterampilan dan perusahaan mereka, penduduk Baque menjadikan daerah mereka sebagai salah satu daerah industri paling maju di Spanyol, hingga bencana menimpa mereka di tahun 1936. Pada bulan Juli 1936 terjadi perang saudara. Terpilihnya pemerintah liberal kiri yang dikenal sebagai front popular, mengancam kepentingan kaum konservatif dan memberi celah kepada kaum ekstrimis kiri dan kanan. Diikuti dengan pemogokan dan kerusuhan, pembunuhan dan pembakaran.   

Sekelompok tentara yang dipimpin oleh Jenderal Franco merencanakan dan mengobarkan pemberontakan. Mereka membawa tentara dari Afrika dan dengan di dukung oleh relawan sayap kanan, mereka mulai menyerang Spanyol. Pemerintah menyerang balik dengan mengandalkan pekerja bersenjata atau para milisi. Mayoritas penduduk Basque mendukung pemerintah. Mereka bukanlah sayap kiri, tetapi pemerintah menjanjikan otonomi wilayah dan hak untuk mengibarkan bendera Baque. Karena penduduk melawannya, Franco tidak pernah memaafkan mereka. Dalam dua bulan, pemberontak telah menduduki wilayah yang luas dan menghalangi Basque di utara. Sekarang Franco mengerahkan tentaranya melawan mereka. Menghadapi tantangan yang besar, khususnya artileri dan pesawat, penduduk Basque tetap melawan selama lebih dari setahun.  

Itu adalah perjuangan tanpa harapan, penduduk Basque akhirnya kalah. 300.000 penduduk Basque pergi dan terasing di luar wilayah mereka selama bertahun-tahun, meninggalkan daerah mereka yang hancur, termasuk ibukota Lama, Quernica, yang hancur karena serangan udara. Puluhan ribu orang menjadi tahanan Si pendendam Franco. Diantara tahanan, ada seorang calon pendeta bernama Jose Maria Arizmendiarietta. Dia adalah anak tertua dari keluarga petani yang tinggal dekat Quernica. Dia bergabung dengan milisi Basque dan ditugaskan di batalyon persnya. Dia dikirim di surat kabar serikat pekerja bernama Eguna yang mendukung perlawanan terhadap Franco.  

Sebagai tahanan, dia diserahkan ke pengadilan militer bersama teman-temannya dan hampir dihukum mati. Namun dia akhirnya dikirim ke batalyon hukuman dari pasukan Franco hingga perang berakhir. Ketika perang usai di 1939, ia kembali ke sekolah tinggi teologi di Victoria untuk menyelesaikan studinya untuk menjadi pendeta. Sekolah tinggi ini melayani seluruh provinsi di Basque.dan stafnya di sana tidak hanya mengajar agama tetapi juga bahasa dan budaya Basque.

Sekolah tinggi ini mempunyai perpustakaan yang besar. Sebelum perang, Jose Maria tertarik kepada bidang sastra, sekarang dia berkonsentrasi di bidang ekonomi dan sosiologi. Dia belajar doktrin sosial katolik. Doktrin ini menolak pandangan Adam Smith, teori kapitalisme Laissez faire, dan pandangan Karl marx, sang nabi di bidang revolusi dan kolektivisme negara. Dokrin katolik mencari alternatif untuk mencari keadilan sosial dengan tetap mempertahankan hak mlik dan kebebasan pribadi.  

Di tahun 1930-an, katolik progresif mencari arahan dari Perancis dan Belgia, dan pada tahun 1941 ketika Jose Maria menyelesaikan sekolahnya dan menjadi pendeta, dia berharap bisa pergi ke Belgia dan mengambil kuliah sosiologi. Namun Jerman menduduki Belgia. Oleh karena itu, Jose Maria akhirnya dikirim oleh Uskup ke Paroki Mondragon. Pada tahun 1941, Mondragon masih sebuah desa, berkelompok mengelilingi gereja. Pendeta Paroki sebelumnya telah dihukum mati oleh pasukan Franco, tetapi gereja Basque tetap bertahan melawan kediktatoran. Mondragon telah sejahtera di bawah kerajaan Spanyol dengan menempa besi dari tambang setempat menjadi senjata. Pada tahun 1941 beberapa jejak kekayaan masih bertahan.

Mondragon seperti wilayah Spanyol lain mengalami kemiskinan setelah mengalami perang saudara, belum lagi tekanan pasukan Franco terhadap penduduk Basque. Di situasi yang buruk ini, Don Jose Maria memulai pekerjaannya. Sebagai pendeta pembantu, dia memfokuskan diri pada anak-anak muda. Tidak banyak kesempatan yang tersedia bagi mereka. Pabrik logam Union Keragera adalah pengguna buruh utama di desa itu. Pekerja diperlakukan dengan paternalisme yang ketat. Di belakang pabrik utama, perusahaan mendirikan sekolah untuk magang. Don Jose Maria mengajar di sana. Sekolah ini adalah satu-satunya sekolah tinggi di Mondragon tetapi terbatas hanya untuk anak-anak dari pekerja di perusahaan itu. Hanya 12 siswa dalam setahun.  

Don Jose Maria mulai membuka sekolah tekhnik untuk semua anak laki-laki setempat. Dia percaya bahwa ilmu pengetahuan adalah kuasa, kunci menuju masyarakat sejahtera tanpa kelas. Kelas bawah harus mengangkat diri mereka dengan usaha sendiri. Sekolah ini dibiayai oleh penduduk Mondragon. Kaum miskin menyumbang sedikit dan para pengusaha menyumbang lebih banyak untuk alasan kebanggaan lokal. Don Jose Maria diduga merencanakan Revolusi, pihak Franco mencoba menyingkirkannya tetapi orang-orang membelanya dan dia selamat. 

Penduduk yang tua sulit mengikuti pemikirannya, tetapi beberapa muridnya memahami pesannya. 12 muridnya lulus menjadi insinyur, lima diantaranya anak-anak dari kelas bawah memainkan peranan kunci. Mereka bekerja di pabrik Union dan sesuai dengan ajaran Don Jose Maria, mereka meminta manajemen membuka kesempatan partisipasi bagi pekerja. Manajemen menolak dan mengatakan bahwa hak pemegang saham adalah mutlak. Karena frustasi, kelimanya pergi dan membangun pabrik sendiri pada tahun 1956. sekitar 100.000 penduduk desa meminjamkan uang untuk membayai anak-anak potensial ini yang didukung oleh Don Jose Maria.  

Mereka menamakan perusahaan mereka Ulgor. Diambil dari huruf depan nama belakang mereka. Pertama-tama ada 24 pekerja laki-laki dan 2 perempuan, mereka membuat pemanas parafin dengan desain Inggris, mereka juga membuat kompor parafin. Lalu dibuatlah kompor gas, semua laku terjual, Spanyol mulai pulih. Nama dagang mereka, Fagor, menjadi dikenal.  Sampai tahun 1959 ada pekerjaan untuk ratusan laki-laki dan perempuan. Mereka membangun pabrik pengecoran sendiri. Mereka bekerja keras memenuhi apapun yang diperlukan tetapi kemudian menyadari bahwa pengembangan lebih lanjut memerlukan suatu struktur perusahaan tertentu. Seperti apa?, mereka meminta masukan Jose Maria.  

Dalam studinya, di tengah tugasnya sebagai pendeta pembantu, Don Jose terus membaca banyak hal, seperti terlihat dari buku-bukunya. Secara khusus dia membaca usaha-usaha di abad ke 19 untuk mendirikan koperasi pekerja seperti idenya Robert owen. Owen adalah industrialis mandiri yang ingin mereformasi keburukan revolusi industri dan menciptakan masyarakat baru. Di pabrik kapasnya di New Lanark, dia meningkatkan efisiensi industri dan kesejahteraan pekerjanya. dia medirikan sekolah untuk anak-anak pekerja dengan menyakini dengan pendidikan, masyarakat pada gilirannya dapat menentukan nasib mereka sendiri.  

Dalam ideal masyarakat koperasi yang sejahtera, Owen tidak melihat mimpinya menjadi kenyataan tetapi dia menginspirasi banyak orang termasuk sekelompok pekerja di Rockdeal, jhkjkoyugpi. Kebanyakan mereka adalah anggota serikat pekerja dan sosialis kristen. Mereka meamakan diri Rockdeal Pionirs. Tahun 1844, di Tothlen, Rockdeal, mereka membangun koperasi pertama yang berhasil di dunia. Mereka menyewa lantai dasar sebuah toko dan menjual bahan makanan pokok. Mereka juga membuat liin, teh dan bahan bakar. Kepada para anggota koperasi, mereka menjual barang berkualitas bagus dengan harga terjangkau. Mereka juga mencatat pembelian para anggota dan secara periodik membagikan keuntungan sebagai deviden sesuai proporsi dari apa yang telah dibeli.  

Koperasi Rockdeal ini sangat berhasil sehingga Pionir dapat menyewa lantai atas untuk perpustakaan dan sarana pendidikan. Pada tahun 1845 mereka memulai koperasi produksi, sebuah pabrik kapas. Ratusan pekerja di sana menjadi pemilik modal mayoritas, tetapi sebagian lagi dimiliki oleh Rockdel Pionirs yang bekerja di tempat lain. Laba dibagi sama antara modal dan buruh. Koperasi ini sangat Sukses sehingga di tahun 1859 mereka membuat pabrik baru. Untuk membiayainya, mereka mendapatkan 1.000 pemegang saham baru. Ini kesalahan fatal. Sebahagian besar dari pemegang saham baru hanya berorientasi keuntungan uang, bukan pada ideal-ideal koperasi. Mereka mengeluarkan para anggota yang bekerja dan mengambil alih. Dalam tiga tahun, pabrik tersebut tidak lagi berbentuk koperasi dan menjadi perusahaan kapitalis biasa. itu pelajaran yang pahit.  

Sebagaimana dijelaskan oleh penulis Sosialis, Beatrix Potter, ia mengatakan bahwa koperasi produksi rentan gagal karena tidak akan pernah mendapat cukup modal. Sidney webb, suaminya, setuju dan menambahkan bahwa pekerja akan selalu kekurangan disiplin diri yang diperlukan untuk bersaing dengan perusahaan kapitalis. Webb mengadu gerakan buruh Inggris dengan koperasi produsen dan lebih mendukung koperasi konsumsi.

Hari ini di Rockdeal, Pionir adalah koperasi konsumsi seperti ratusan koperasi lainnya di setiap jalan utama di Inggris. Secara keseluruhan koperasi Inggris mencapai omset 3.000 juta pounds setahun meski koperasi model ini sedikit berbeda dengan jenis toko lainnya. Namun meskipun begitu, prinsip-prinsip pengelolaan koperasi yang telah digariskan oleh pionirs tetap bertahan, diantaranya seperti keanggotaan terbuka, pengendalian secara demokratis, satu orang satu suara. Pembayaran bunga terbatas atas modal, dan peningkatan pendidikan.   

Prinsip-prinsip ini diketahui oleh Don Jose Maria ketika di tahun 1959 dia merekomendasikan agar Ulgor menggunakan struktur koperasi, perusahaan dimiliki oleh pekerja. Setidaknya setahun sekali mereka bertemu di rapat umum yang memiliki kekuasaan tertinggi, dengan sistem satu orang satu suara. Rapat memilih direksi yang diberikan kuasa untuk menentukan kebijakan. Anggota direksi dipilih setiap empat tahun, direksi menunjuk manager umum, dia adalah eksekutif utama, yang ditunjuk setidaknya untuk empat tahun. Direksi menjalankan rapat yang juga memproduksi komponen rumah tangga. Selain ketua, terdapat delapan direktur lainnya, orang kesepuluh adalah manager umum. Dia di sini berfungsi untuk mendengar dan memberi saran jika dibutuhkan, dia tidak memiliki suara.  

Direksi adalah perwakilan lintas bidang dari 1.000 pekerja koperasi. Rosa adalah inspektur kendali mutu, jose Maria, ketua direksi adalah manager personalia, Jesus adalah tekhnsi di jalur produksi, Mario adalah pekerja terampil, Inge adalah sekertaris di departemen komersil. Tidak ada yang mendapatkan tambahan gaji sebagai direktur. Mereka bertemu jam 7 pagi, setelah rapat selesai mereka kembali bekerja. Di rapat ini mereka mendiskusikan semua aspek terkait kebijakan koperasi. Manager umum kemudian menjalankan keputusan mereka, jika dia gagal dia dapat diberhentikan.  Koperasi Mondragon tercatat tidak mengenal toleransi untuk manager yang lamban. Pengaturan ini membantu mengatasi konflik antara pengawasan menyeluruh oleh pekerja di satu sisi, dan managemen harian yang efisien di sisi lain, yang oleh Webbs selalu diklaim akan menyebabkan kegagalan koperasi produksi.  

Tetapi ada hal lain, disadari bahwa minat khusus pekerja yang menjadi bagian dari koperasi membutuhkan pengaturan tersendiri, dan hal tersebut ditetapkan melalui sebuah sistem kedua, yaitu dewan sosial. Untuk memilih dewan sosial, anggota memilih berdasarkan departemen, masing-masing satu perwakilan. Dewan sosial bekerjasama dengan direksi dalam urusan personalia, disiplin, upah, kondisi kerja dan kesejahteraan. Cukup sampai disini tentang struktur managemen.

Pengaturan kepemilikan juga sama cerdasnya. Setiap anggota yang bergabung harus menyetor modal sebesar 2.000 pounds, jika perlu dia bisa meminjamnya dengan bunga terjangkau. Kepemilikan modal ini tetap menjadi miliknya. Setiap anggota mendapat gaji bulanan, sesuai standar gaji di daerah Basque. Semakin besar tanggung jawab, semakin besar gaji, tetapi gaji tertinggi tidak pernah lebih dari 3x gaji yang terendah. Bunga tahunan dibayarkan ke pemilik modal dengan tingkat bunga tetap 6% . Ini sesuai dengan prinsip Rockdeal.  

Jika diakhir tahun koperasi mendapat laba, ini adalah deviden dengan proporsi tetap. 10% harus dikembalikan ke Masyarakat untuk sekolah dan kegiatan sosial. 20% harus kembali ke dana cadangan atau reinvestasi koperasi. 70% dapat diberikan diantara para pekerja anggota. Bagian setiap anggota sesuai dengan gajinya. Dia tidak bisa menariknya. Itu ditambahkan ke modal dimana dia akan menerima bunga akumuatif. Ada hal lain di dalam pembagian laba. Jika koperasi rugi, 30% kerugian, tetapi tidak lebih, bisa diserap dari cadangan koperasi yang dimiliki bersama, tetapi saldo harus diambil dari rekening, rekening kepemilikan modal dari para anggota individu. Tetapi manfaatnya bagi individu tersebut cukup nyata.

Ada orang-orang yang meninggalkan koperasi setelah 15 sampai 20 tahun bekerja. Mereka mendapatkan akumulasi kepemilikan modal lebih dari 20.000 pounds dan itu merupakan tambahan dari hak pensiun normal mereka.  Ada satu point lagi tentang kepemilikan modal individual, ketika satu orang anggota berhenti, dia harus mengambilnya. Ini bukan pilihan. Dengan cara ini koperasi telah melindungi diri dari kendali pihak luar terhadap pengambil-alihan eksternal seperti yang terjadi dengan koperasi yang pertama kali berhasil di Rockdeal.  

Aturan Urgol telah diadopsi banyak koperasi yang muncul kemudian di Mondragon. Pada tahun 1959, koperasi pembuat peralatan mesin telah berdiri dan diikuti oleh empat lainnya. Ada banyak ruang untuk ekspansi, masalahnya adalah mencari modal pembiayaannya. Don Jose Maria berkata bahwa mereka harus punya Bank. Kali ini bahkan para pengikut setianya berpikir bahwa dia gila. Namun Bank tetap berdiri tahun 1959 dilantai bawah rumahnya. Mereka menamakannya Bank rakyat pekerja. Don Jose Maria memutuskan bahwa berdasarkan hukum Spanyol, Bank pekerja dapat membayar bunga setengah persen di atas bunga normal. Penduduk Basque yang hemat menyerbu untuk mendepositokan uang. Mereka juga tahu uang mereka akan diinvestasikan di koperasi sehingga ada lapangan kerja baru. Sekarang bank tersebut memiliki 300.000 rekening deposito. Keberhasilan Bank ini dalam memobilisasi tabungan kecil sangat unik, dari 4,5 juta pound ditahun 1966 hingga 275 juta pound di tahun 1979.  

Bank rakyat pekerja kini memiliki satu cabang di setiap kota dan desa di Basque. Setiap cabang dihubungkan ke pusat pemprosesan data di sebuah bukit di atas Mondragon. Komputernya tidak hanya menangani data bank, tetapi juga bekerja untuk koperasi industri yang membutuhkannya. Bank ini memiliki 900 pekerja, 300 orang di kantor pusat, di samping pusat data. Fungsi bank untuk melayani koperasi industri. Mereka menyebutnya koperasi tingkat kedua. Dapat dikatakan bahwa struktur dasar koperasi dimodifikasi sesuai dengan fungsi khusus bank. Setiap pekerja memiliki modal di Bank, tetapi jumlah laba yang mereka bagikan ke mereka sendiri bersifat tetap, nilainya sama dengan rata-rata laba koperasi industri di tahun itu.  

Status Koperasi tingkat kedua dari Bank tersebut tercermin dalam direksinya. Dari dua belas anggotanya, hanya empat orang bekerja Bank yang dipilih oleh rekan mereka. Delapan orang dipilih oleh koperasi industri. Ketuanya adalah manager umum, dia adalah salah satu dari lima pendiri Ulgor. Jose Maria, Ormakea dia memainkan peran eksekutif utama namun tidak memiliki suara. Antonio berasal dari koperasi pembuat peralatan mesin, Xavier adalah manager di koperasi tekhnik. Victoriano adalah pegawai di salah satu cabang Bank tersebut. Meite adalah manager dari cabang lainnya. Direksi adalah instrumen utama untuk menyebarkan manfaat utama koperasi ke Masyarakat. Caranya adalah dengan menginvestasikan banyak dana milik Bank ke dalam koperasi industri baru di daerah Basque. Hasilnya luar biasa. 

Enam koperasi baru berdiri pada tahun 1959 ketika Bank baru di mulai, enam lainnya dimulai pada tahun 1961. Tujuh didirikan di tahun 1962, sembilan di tahun 1963. Terus menerus hingga sekarang terdapat lebih dari delapan puluh koperasi Industri. Penciptaan lapangan kerja juga luar biasa. Tujuh belas ribu lapangan kerja dalam kurang dari 20 tahun. Untuk mendirikan koperasi baru, Bank memiliki divisi managerial khusus. Divisi tersebut mengumpulkan para ahli dari Bank dan anggota dari koperasi baru yang diusulkan. Di sini tiga ahli dari bank membantu para anggota dari koperasi baru dekat Bilbao. Seorang pria ditunjuk sebagai manager umum sementara, dan seorang lagi manager keuangan sementara. Dari para ahli tersebut, dia akan bekerja di koperasi baru selama beberapa tahun. Dia dikenal sebagai sang pembimbing Koperasi baru ini akan membuat mixer makanan.

Jika para anggota pendiri belum memiliki ide produk, para ahli dari bank akan menyarankan satu produk yang disukai pasar. Salah satu rapat mendiskusikan beberapa hal seperti pasokan plastik untuk membuat produk mereka. Pada gilirannya para pensurvey dari divisi managerial akan mencari lahan untuk koperasi baru tersebut. Arsitek akan merancang pabriknya, mesin akan dipesan, dan alat produksi direncanakan. Koperasi baru akan membutuhkan 250 anggota pekerja. Tidak terjadi kekurangan pelamar. Para pekerja akan direkrut oleh spesialis personalia dan diberikan tes kemampuan sebelum ditempatkan diberbagai pekerjaan. Jika perlu mereka akan dilatih melakukan pekerjaannya. Setelah dua sammpai tiga tahun perencanaan, tersusunlah studi kelayakan. Selain menyimpulkan aspek tekhnis produksi, juga membuat hasil riset pasar di spanyol dan luar negeri. Studi ini akan menentukan apakah direksi Bank akan menyetujui pendirian koperasi baru ini atau tidak.

Jika disetujui. 10% modal akan berasal dari 250 pekerja, dan mayoritas sisanya dari Bank. Setelah dibentuk, koperasi berjalan sendiri, Bank menjamin dukungan berkesinambungan, sementara koperasi menjamin arus data yang menjadi dasar pemantauan kemajuan koperasi oleh Bank, seperti produksi, penjualan, laba dan lain-lain. Jika ada hal yang tidak berjalan dengan baik, Bank bisa memberikan bantuan tepat waktu dalam bentuk nasehat dan pembiayaan lebih lanjut jika diperlukan. Sistem ini sangat bagus, sehingga dari delapan puluh lebih koperasi yang dibentuk hingga saat ini, tidak satupun yang gagal.

Di bawah bukit tempat Bank beroperasi, ada koperasi tingkat kedua lainnya yang mendukung koperasi industri. Ini adalah koperasi layanan jaminan sosial yang di sebut Lagun Aro. Sebagai pemilik dari perusahaan mereka sendiri, para pekerja Mondragon adalah wirausahawan dan tidak boleh bergabung dalam asuransi negeri milik Spanyol, Sehingga sejak tahun 1967, mereka mengadakan asuransi mereka sendiri. Lagun Aro menyediakan beragam manfaat kesejahteraan mulai dari tunjangan anak hingga pensiun hari tua.

Asuransi ini melindungi semua pekerja dan keluarga mereka. Empat puluh lima ribu orang bergabung. Kontribusi dipotong dari gaji pekerja, tetapi dana tambahan diberikan oleh koperasi tersebut dan Bank. Lagun Aro membayar biaya perawatan kesehatan yang diberikan oleh dokter umum dan pada konsultan. Mereka juga memiliki tim medis kecil untuk memberi layanan kesehatan di pabrik yang memantau kondisi kesehatan serta memberikan pemeriksaan rutin kepada masing-masing pekerja.  Dokter adalah anggota koperasi Lagun Aro, dia memilih beberapa direktur dalam direksinya dan sisanya dipilih dari koperasi industri. Lagun Aro berencana membangun rumah sakit sendiri tetapi menghadapi masalah. Dari semua kelompok profesional, para dokter adalah yang paling enggan menerima Rasio tiga banding satu antara bayaran tertinggi dan terendah. 

Personal yang memenuhi syarat untuk koperasi dipasok oleh sekolah tekhnik, Yayasan awal dari Don Jose Maria yang sekarang berkembang menjadi kampus yang besar. Yayasan ini juga dijalankan sebagai koperasi tingkat kedua. Terdapat 1.200 mahasiswa, mayoritas masuk diusia empat belas setelah sekolah dasar. 10% adalah perempuan. Don Jose Maria sangat peduli untk mendorong mereka masuk ke Industri. Para Mahasiswa mengambil spesialisasi di bidang tekhnik mesin atau elektro, bidang gambar atau kimia, tergantung dari bakat mereka. Mereka akan meninggalkan kampus sebagai pengrajian atau teknisi terampil atau sebagai insinyur profesional dibidang yang mereka pilih. Beberapa akan pergi ke universitas koperasi, di sini mereka akan mengambil kuliah tekhnik. Banyak mahasiswa yang akhirnya mendapat pekerjaan di koperasi mondragon, tetapi mereka tidak harus melakukan itu. Sementara di sini mereka biasa mencicipi kehidupan koperasi. 

Jam satu, pergantian shift di koperasi Ale yang pabriknya ada di pinggir kampus. Tampak mahasiswa senior sedang mendaftar hadir. Mereka telah mengikuti kelas sejak pagi, sekarang mereka akan menghabiskan siang dengan bekerja dan mendapat uang, sementara shift pagi akan belajar di kelas. Mayoritas pekerja Ale adalah mahasiswa. Di sini mereka merakit kabel dan komponen lain yang mereka jual ke koperasi Mondragon lain dengan laba yang menarik. Yang lainnya membuat serangkaian mesin untuk mengajar elektronika. Para mahasiswa adalah pemilik koperasi. Setiap mahasiswa menyetor modal 350 pounds ketika bergabung. Jika perlu, dia bisa meminjamnya dari Bank dan membayarnya kembali dari penghasilannya yang jumlahnya lebih dari cukup untuk biaya hidup selama kuliah.

Sebagai mahasiswa mereka hanya bisa bergabung di koperasi Ale selama kuliah. Dan hal ini terlihat dari strukturnya. Mahasiswa hanya memilih sepertiga direksi, sepertiga dipilih oleh pegawai tetap, dan sisanya oleh koperasi industri. Koperasi Ale berperan penting dalam mendidik calon eksekutif tentang prinsip manajemen koperasi dan perilaku sosial yang menyertainya. 

Agar terdepan dalam tekhnologi, kelompok Mondragon mendirikan Ikerlan, pusat riset dan pengembangan dengan biaya enam juta pounds. Laboratoriumnya dibuka dua tahun lalu. Laboratorium ini dijalankan sebagai koperasi tingkat kedua dengan tiga puluh enam Ilmuan sebagai anggota purnawaktu. Mereka mendapat penghasilan dengan menyelesaikan masalah bagi koperasi industri. Di sini sebgai contoh, mereka mengembangkan alat untuk menguji lemari es. Di departemen termodinamika, mereka melakukan riset dasar terkait energi matahari, Dibawah sumber panas sebagai matahari, konektor logam dengan lapisan berbeda, dipelajari. Robot juga akan menemukan tempatnya dimasa depan koperasi Mondragon. Untuk memulainya Ikerlan mengetes sebah robot dari pabrikan amerika, sekarang mereka membandingkannya dengan salah satu rancangan mereka, Gizamat. 

Tidak diragukan bahwa Mondragon sangatlah maju, tetapi harus disadari bahwa banyak koperasi di masa lalu berakhir tragis. Sekarang yang ingin diketahui ekonom atau industrialis keras kepala, apakah koperasi mondragon menggunakan sumber daya ekonomi mereka seperti tekhnologi, pegawai, buruh dan modal, apakah mereka menggunakan sumber daya ini lebih evisien daripada perusahaan kapitalis konvensional. Studi oleh ekonom asing menunjukkan bahwa produktivitas pekerja koperasi mondragon adalah tertinggi di Spanyol, lebih dari perusahaan Industri.

Untuk penjualan, Mondragon tercatat sangat luar biasa, terus meningkat dari tahun ke tahun dengan total 380 juta pounds. Laba bersih penjualan ini dua kali lebih tinggi dari perusahaan kapitalis di Spanyol, tetapi apakah efisiensi yang lebih tinggi adalah hasil dari struktur koperasi? Studi Dr. Bredley menunjukkan hal itu. Di koperasi Mondragon ada tingkat konsensus tidak biasa antara para manager di satu sisi dan para pekerja di sisi lain, dan cukup menarik, pekerja melihat manager bekerja untuk kepentingan mereka, bukan serikat pekerja misalnya, seperti yang biasa terjadi di perusahaan konvensional, dan manager melihat kepentingan mereka dikerjakan oleh para pekerja, dan ini membawa kepada konsensus unik dan konsensus ini dipertegas oleh fakta bahwa baik manager maupun pekerja tinggal di daerah dekat koperasi. Dan mereka tidak melihat perbedaan sosial yang yang berbeda atau perbedaan yang besar antara manager dengan diri mereka sendiri.

Karena konsensus ini tidak terlalu perlu mempekerjakan manager dan mandor untuk mengawasi pekerja yang bermotivasi tinggi ini. Dampaknya mereka mengawasi jumlah dan kualitas kerja satu sama lain, sehingga koperasi tidak perlu penyelia yang berbiaya tinggi. Peningkatan efisiensi yang penting. Fakta bahwa 90% laba ditahan di perusahaan sebagai modal kolektif ataupun individual juga memberikan koperasi keunggulan kompetitif di atas perusahaan kapitalis.

Dalam resesi ini, yang sekarang melanda Spanyol dan juga dunia, Mondragon belum memberhentikan satupun pekerja. Malah mereka dikirim kembali ke sekolah, para mahasiswa ini adalah pekerja dari pabrik Ulgor yang kelebihan pekerja. Mereka sedang belajar otomatisasi, ketika belajar selesai mereka akan kembali ke pabrik jika produksi membutuhkan, Jika tidak mereka akan mencari kerja di koperasi besar lain, dengan kata lain mereka akan lebih mampu menghadapi  perkembangan industri.

Hanya ada satu pemecatan dan itu timbul dari satu-satunya pemogokan internal dari sejarah 25 tahun koperasi. Harus dikatakan pemogokan internal, karena dari waktu ke waktu ada pemogokan solidaritas umum yang terkait dengan otonomi wilayah Basque yang lebih luas. Ini adalah pemogokan yang terjadi di Ulgor pada tahun 1974. Pada saat itu pekerja di Ulgor sudah mencapai 2.000 orang. Penyebab dari pemogokan ini adalah perselisihan tentang klasifikasi kerja. Keputusan cepat dibuat dengan memecat 17 pemimpin pemogokan dan disepakati oleh rapat umum seluruh koperasi secara mutlak.

Tapi pengaruh jangka panjang lebih penting. Koperasi belajar satu hal, bahwa mereka akan ada waktu dimana ketika semakin besar, seberapa baguspun struktur disusun, komunikasi koperasi akan terganggu dan perselisihan akan bisa terjadi. Jadi sejak saat itu diputuskan bahwa kecuali dalam keadaan yang luar biasa, tidak ada koperasi yang melebihi 500 orang. Dan jika ada bahaya bahwa hal itu akan terjadi, maka setiap upaya akan dilakukan untuk memecah perusahaan menjadi beberapa komponen mandiri. 

Menciptakan lapangan kerja adalah tujuan utama, tetapi koperasi juga bermanfaat untuk masyarakat dengan cara lain, Mondragon telah berkembang dari desa menjadi kota dengan duapuluh delapan ribu penduduk, perumahan menumpuk tanpa perencanaan dan sangat mahal. Kelompok mondragon sekarang melangkah dengan menyediakan rumah layak dengan harga terjangkau. Sudah ada 14 perumahan dibangun dibiayai oleh bank dan tentu saja berbentuk koperasi.

Di lantai dasar sebuah blok terdapat pasar swalayan, Ini adalah cabang dari Koperasi ritel milik kelompok tersebut, disebut Eroski dan cabangnya ada di seluruh wilayah Basque. Eroski adalah koperasi tingkat kedua dengan anggota pekerja 650 orang. Anggota konsumen terwakili dalam direksi. Pekerja menyimpan bagian laba mereka dan sisanya diteruskan ke konsumen dalam bentuk harga yang murah. Eroski berkembang pesat. Ada 100.000 keluarga menjadi anggota konsumen, jumlahnya 1/8 dari penduduk Basque.

Di lantai dasar blok yang lain terdapat taman kanak-kanak untuk usia dua sampai enam tahun. Ini adalah cabang dari sekolah koperasi yang mengurus 1.700 anak-anak di Mondragon. Ini adalah anugerah untuk para ibu bekerja bahkan lebih dari itu. Bahasa dalam nyanyian mereka adalah bahasa Basque. Setelah perang saudara, bahasa Basque tidak boleh dianjurkan atau digunakan di tempat umum. Untuk menjaganya, sekolah rahasia dibentuk, salah satu di Mondragon dibawah pengarahan Don Jose Maria. Dengan kematian Franco dan Restorasi demokrasi di Spanyol, sekolah-sekolah di Basque tersebut telah secara terbuka menjadi ujung tombak kebudayaan dan kemerdekaan Basque.

Fakta ada duapuluh tujuh sekolah seperti ini dikelola sebagai koperasi. Anak-anak beramai-ramai ke sekolah karena para orang tua di Mondragon cenderung memilih sekolah tersebut daripada sekolah negeri. Sebagai anggota koperasi sekolah, para orang tua ini memiliki peran yang besar dalam menjalankan sekolah tersebut sebgai guru. Koperasi Industri juga terwakili dalam direksi karena mereka yang membayar sebagian besar biaya.

Jose Maria meninggal di tahun 1976. Semasa hidup dia tetaplah seorang pendeta sederhana, ditahun-tahun terakhirnya, dia tinggal di menara di pinggir kampus. Dari sini dia bisa melihat hasil nyata dari visinya. Sekolah tekhnik, laboratorium riset, layanan jaminan sosial dan Bank. Dia telah membuktikan bahwa masalah yang ditimbulkan oleh revolusi industri pada abad ke 18 bisa diatasi pada abad ke 20 dengan mengaplikasikan ide Robert owen yang menurun ke Rockdeal pionirs. Dan dia membuktikan, dari bantuan para pekerja biasa, dengan mendidik mereka untuk melaksanakan tugas tersebut dan menggunakan kepemimpinan dan model mereka sendiri untuk menjalankannya. Sebagai pekerja dan pemilik.

Sumber: Narasi Film dokumenter Mondragon

Bagikan

Related Posts

sebelumnya
Selanjutnya
Next Post »